April 13, 2013

Pink Beach, Pantai Berpasir Merah Muda


Pink Beach

Assalamu'alaikum wr. wb.
Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai Pantai Merah Muda! Penasaran, kan? Langsung baca aja yuk!

Pink Beach  adalah sebutan yang diberikan para turis asing pada salah satu pantai di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur . Sebagian orang mengenalnya sebagai Pantai Merah.

Kenapa namanya Pink Beach atau Pantai Merah, ya?

Pantai Merah atau Pink Beach adalah salah satu pantai mempesona yang ada di Pulau Komodo .

Pantai ini dijuluki Pantai Merah atau Pink Beach karena warna pasirnya yang merah. Sebenarnya tidak seluruh pasirnya berwarna merah, tetapi campuran antara pasir putih dan merah.
Dari jauh, perpaduan warna ini membuat pasir pantai tampak berwarna merah muda atau pink.

Kok bisa berwarna merah ya?

Asal usul pasir merah ini juga tidak pasti. Ada yang mengatakan bahwa butiran merah itu berasal dari serpihan koral merah yang hancur. Ada juga yang mengatakan bahwa butiran merah itu berasal dari cangkang hewan laut.
Sebagian yang lain mengatakan bahwa warna merah pasir ini berasal dari hewan mikroskopik (hanya bisa dilihat dengan mikroskop) yang bernama foraminifera .

Selain warna pasirnya yang unik, pantai ini juga menarik karena harta karun bawah laut yang dimilikinnya yaitu ikan-ikan cantik dan terumbu karang.
Kurang lebih 1000 jenis ikan, ratusan jenis karang, koral, dan 70 jenis tanaman sponge hidup di pantai ini. Karena itulah, pantai ini sangat cocok bagi pecinta laut untuk kegiatan snorkeling dan diving.
Sayangnya, air laut di sini dikenal memiliki arus yang cukup kuat. Arus kuat ini terjadi akibat adanya pertemuan air laut tropis dari utara dan air laut dari selatan. Oleh karena itu, para penyelam harus berhati-hati dan mewaspadai keadaan arus ini.
Meskipun memiliki pemandangan yang indah, Pantai Merah belum banyak yang mengunjungi. Setiap orang yang ingin berkunjung kemari, maka harus ditemani oleh jagawanaJagawana  adalah sebutan bagi petugas perlindungan Taman Nasional Komodo  (TNK). Karena biasanya, komodo suka berjemur di pantai ini.
Para turis yang ingin berenang di pantai ini juga harus memperhatikan keadaan sekeliling. Jika ada komodo yang berkeliaran di pantai, maka harus berhati-hati atau sebaiknya menunda keinginan untuk berenang.
Pantai ini dapat dicapai dengan perahu atau jalan darat. Perlu waktu 30 menit naik perahu dari Loh Liang. Loh Liang itu adalah kampung tempat turis-turis berkumpul sebelum ke Pantai Merah ini. Jika melalui jalan darat, perlu waktu sekitar 4,5 jam karena harus melewati hutan bakau dan gugusan tebing karang. Oleh sebab itu, pantai ini hanya dikunjungi kadang-kadang saja dan karena itulah menjadi sangat sunyi.
Karena kesunyian dan keindahannya, pantai ini lestari dan tetap alami hingga kini. Tidak banyak sampah di sini karena belum banyak orang yang mengunjungi.

Nah, teman-teman walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi setelah kita sampai di Pink Beach atau Pantai Merah rasa lelah terbayar sudah oleh pesonanya. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengunjunginya.

Sumber: (Ervina/ Kidnesia.com/Joko/PotretNegeriku/ Foto: Ricky Martin)

0 komentar:

Post a Comment