May 10, 2013

Tujuh dari Sembilan Medali Emas, diraih SMA Negeri 1 Purworejo

Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng), siswa SMA Negeri 1 Purworejo yang berhasil memborong medali emas. Perolehan itu membuat sekolah ini menjadi yang terbanyak mengirimkan wakilnya dalam training center untuk maju pada ajang serupa tingkat nasional. Dari sembilan cabang mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Komputer, SMA Negeri 1 Purworejo berhasil meraih tujuh medali emas.
Juara yang berhasil diraih :
1.       Terbaik pertama cabang Matematika
2.       Terbaik pertama cabang Fisika
3.       Terbaik pertama cabang Biologi
4.       Terbaik pertama cabang Astronomi
5.       Terbaik pertama cabang Kebumian
6.       Terbaik pertama cabang Geografi
7.       Terbaik pertama cabang Ekonomi
8.       Terbaik kedua cabang Matematika
9.       Terbaik kedua cabang Kimia
10.    Terbaik kedua cabang Astronomi
11.    Terbaik ketiga cabang Matematika
12.    Terbaik ketiga cabang Ekonomi
13.    Terbaik ketiga cabang Kimia
Total medali yang diperoleh 13 buah dan 7 di antaranya adalah juara pertama. Cahyo Winarno mengatakan, kesuksesan ini dapat diraih karena para siswanya memiliki persiapan yang matang dari bimbingan dan arahan dari masing-masing guru mata pelajaran. "Para siswa memiliki waktu yang cukup untuk persiapan" katanya.
Di samping itu, berkat doa dan dukungan wali siswa sangat memotivasi siswa-siswanya agar terus mengukir prestasi untuk mengharumkan nama SMA Negeri 1 dan Kabupaten Purworejo. "Di samping itu keberadaan ekstrakurikuler science club cabang Biologi di SMA Negeri 1 Purworejo juga memberikan kontribusi karena melalui ektrakurikuler ini potensi siswa bisa terus diasah" katanya.
Kepala SMA Negeri 1 Purworejo, Dra Budiastuti Sumaryati MPd, mengaku bersyukur atas prestasi yang diraih para siswanya. Beliau berharap, para siswanya tersebut dapat lolos TC dan akan mengulang kesuksesan serupa pada ajang OSN tingkat nasional. "Kami sangat berharap tradisi prestasi bisa terus dipertahankan di SMA Negeri 1 Purworejo. Bukan sekadar untuk kepentingan sekolah, tapi juga kepentingan Kabupaten Purworejo secara keseluruhan. Kami berharap dukungan dari masyarakat" ujarnya.

0 komentar:

Post a Comment