May 13, 2013

Mengatasi Makalah Tanpa Masalah, Latih Siswa Penelitian Ilmiah


Mengikuti kurikulum SMA Negeri 1 Purworejo yang mewajibkan untuk melaksanakan observasi, maka pada tanggal 7 Mei 2013 diselenggarakan outdoor curiulum. Observasi adalah pengamatan terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya di dalam kelas.. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih sekaligus meningkatkan minat siswa terhadap penelitian ilmiah.
Peserta berkesempatan untuk mengunjungi Waduk Sempor dan PLTA, serta Goa Petruk. Kegiatan yang diikuti oleh 288 siswa kelas X ini, yang dibagi menjadi 4 kelompok besar, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi.
PLTA Sempor
PLTA Sempor berada di Desa Tanjung Seta, Sempor, Kebumen. PLTA yang mulai beroperasi pada tahun 1980 ini, tidak dapat dimasuki oleh sembarang orang, hanya orang-orang yang memiliki izin khusus yang dapat masuk.
Di sini lah kelompok Fisika beraksi. Kelompok Fisika masuk ke dalam ruang turbin dan generator. Di sana dijelaskan tentang sejarah berdirinya PLTA, mekanisme kerja, kegunaan, dan masih banyak lagi.
PLTA yang memiliki satu turbin ini hanya dapat beroperasi pada musim hujan. Hal ini dikarenakan pada musim kemarau air di Waduk Sempor tidak dipergunakan sebagai pengairan. Pada musim tersebut, dimanfaatkan petugas untuk melakukan perawatan terhadap mesin-mesin penunjang.
Pesona Alam
Perjalanan dilanjutkan ke Waduk Sempor. Sempor adalah kampung kecil yang terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Berada di dataran tinggi kurang lebih 30 meter di atas permukaan laut, waduk ini memiliki pesona alam yang luar biasa.
Kelompok Geografi mengamati keadaan alam sambil berwisata di Waduk Sempor. Mereka mengkaji 10 konsep essential geografi.
Goa Petruk
Kelompok Geografi sibuk menghitung jumlah anak tangga. Pda hitunga ke 255, mereka sampai di mutut Goa Petruk. Kelompok Kimia tampak asyik meneliti dampak buruk air sadah. Kelompok Biologi melakukan percobaan tentang ekosistem yang ada di luar dan di dalam goa. Sedangkan Kelompok Fisika benar-benar berwisata di tempat ini.
Setelah menyelesaikan tugas, peserta menelusuri goa bersama-sama. Sungguh, bau dari kotoran kelelawar sangat menyengat hidung. Beberapa peserta tidak mau masuk ke dalam goa karena tidak tahan dengan bau kotoran kelelawar tersebut.
Mengatasi Makalah tanpa Masalah
            Setelah melaksanakan tugas sembari berwisata, setiap kelompok wajib membuat laporan penelitian dalam bentuk makalah. Makalah yang sudah disusun siswa kemudian dinilai dewan penguji yang terdiri atas Drs Gunawan Widyatmoko MM, Drs Suroto, Dra Kusnapsiah, dan Hj Purborini MPd, dengan moderator Sunardi MPd di Ruang Multimedia. Penilaian meliputi 3 unsur utama yaitu penyusunan makalah, teknik presentasi, dan pertanggungjawaban ilmiah.
“Kegiatan ini sebagai salah satu persiapan bagi siswa kami untuk mengikuti berbagai perlombaan, seperti OSN” ujar kepala SMA Negeri 1 Purworejo, Dra Budiastuti Sumaryanti MPd dalam amanatnya.

0 komentar:

Post a Comment